Jalan-Jalan ke Sirince, Turki

-Permukiman penduduk di Sirince, Turki-

Desa Sirince (orang sana menyebutnya Sirinje) adalah salah satu desa tua di Turki yang memiliki kaitan sejarah dengan bangsa Yunani.
Konon dahulu kala desa ini dihuni oleh orang-orang Yunani.

Secara geografis Turki dan Yunani memang berdekatan. Selain itu ada hal lain yang menyebabkan orang Yunani bermigrasi ke Turki. Lebih tepatnya ketika Efesus mengalami keruntuhan, begitu kata Om Wiki.
Oleh sebab itu, bangunan perumahan serta gedung-gedung lain yang ada di sana cenderung bergaya khas mediteran.

Permukiman di Sirince, Turki
Hal yang unik dari desa ini, yaitu penduduk desa mengalami pertukaran. Antara tahun 1923-1924 (Gak tahu tahun persisnya yg bener yang mana. Antara sumber yang satu dengan sumber lainnya suka beda-beda), pasca perang Yunani-Turki dan era kemerdekaan Turki, orang-orang Muslim Turki dari Salonica, Yunani bertukar dengan penduduk desa Sirince yang dihuni oleh orang Yunani.
Dahulu desa ini bernama cirkinje, yang artinya desa yang jelek karena penduduk desa tidak ingin ada yang mengikuti mereka. Baru setelah kemerdekaan Turki, oleh gubernur Izmir, desa ini diganti dengan nama Sirince yang artinya desa yang menyenangkan.
Meskipun telah berganti penduduk, tetapi bangunan permukiman warga dan fasilitas lain yang bergaya khas Yunani masih tetap dirawat dan dijaga hingga sekarang. Maka jadilah Sirince, sebagai old greek village di Turki.

Sekarang perumahan penduduk banyak yang menjadi hostel atau penginapan. Sementara fasilitas lain yang dulunya, sekolah tertua sudah menjadi kafe. Jalan-jalan antar perumahan dibuat setapak berbatu. Beberapa rumah warga juga kental dengan nuansa rustic.

 

This entry was posted in Travel.

Leave a Reply