Family / Relationships Lifestyle Random Thoughts

Best Buy selama Pandemi : Berlangganan Zoom Meeting Berbayar

Semenjak pandemi Covid-19 ini berlangsung, beberapa kebiasaan kita mulai berubah. Salah satunya adalah interaksi dengan orang lain. Pandemi yang sangat membatasi gerak kita ini mengubah pula cara kita bersosialisasi. Senada dengan hal tersebut, inovasi meeting online akhirnya jadi pilihan kita untuk terhubung satu sama lain.  Banyak sekali aplikasi meeting online yang digunakan, salah satunya adalah  Zoom.

Zoom ini termasuk aplikasi meeting online yang sangat populer kala pandemi terjadi. Mungkin karena penggunaannya yang lebih mudah atau  kualitas suara dan video yang baik. Entahlah! Hanya saja bagi saya, aplikasi  ini lah yang menurut saya sangat menolong dan bermanfaat sekali. Sejauh ini, keputusan dalam berlangganan Zoom berbayar tidak saya sesali sama sekali.

Mengapa Mau Berlangganan?

Sebenarnya Zoom memfasilitasi secara gratis bila ingin menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi tentu ada hal-hal yang terbatas bila gratis.  Perbedaan yang paling kentara antara  Zoom gratis atau berbayar adalah terdapat pada durasi meeting serta jumlah peserta.  Untuk Zoom free hanya memiliki durasi waktu 40 menit setiap sesi kemudian terputus. Sementara untuk Zoom yang berbayar tidak terbatas.

Oleh karena kebutuhan di masa pandemi, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk berlangganan Zoom yang berbayar. Mengapa? Karena kami mengikuti beberapa pengajian dan pertemuan yang membutuhkan sarana atau fasilitas. Selain itu, kami juga tidak ingin merepotkan orang lain ketika membutuhkan sesuatu. Apalagi Zoom ini user friendly, sudah dikenal banyak orang,  dan tentunya ada paket-paket yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget kami.

Biaya berlangganan zoom

Manfaat Zoom Meeting

Tadinya saya berpikir berlangganan Zoom berbayar hanyalah untuk kebutuhan pribadi saya dan suami saja. Biasanya untuk kegiatan saya dan suami secara reguler. Tak disangka ternyata kebermanfaatan itu menjadi semakin luas. Berikut beberapa manfaat berlangganan Zoom meeting bagi kami.

1. Pengajian online

Salah satu cita-cita saya adalah membuat pengajian keluarga besar. Qadarulloh, saya harus merantau. Begitu juga dengan kakak -kakak saya dan suami. Jarak dan waktu seakan menjadi penghalang. Namun, hikmah terbesar atas pandemi ini, akhirnya cita-cita saya terkabul. Kami, alhamdulillah bisa mengadakan pengajian rutin keluarga besar setiap minggunya. Sesuatu yang tadinya hanyalah angan-angan belaka. Seolah jarak tak bermasalah lagi. 

 2. Silaturahim dengan keluarga dengan nyaman

Semenjak saya berlangganan Zoom berbayar, silaturahim dengan keluarga justru semakin nyaman. Bapak saya misalnya, lebih menyukai melakukan panggilan telepon lewat Zoom saja. Alasannya, orang tua dan keluarga saya di tanah air  tidak harus memegang telepon lama-lama. Sebab Zoom bisa dilakukan di PC atau laptop. Durasi telpon yang tadinya paling lama sejam, kini bisa menjadi dua jam lebih… alhamdulillah.

3Meeting online dengan beberapa rekan

Sesuai dengan fungsi dari Zoom meeting online ini. Kami pun juga memanfaatkannya. Rapat dan meeting online menjadi lancar. Tidak ada kendala sama sekali. Presentasi pun lancar. 

4.Fasilitator kebaikan

Tak hanya untuk kebutuhan pribadi saja, ternyata berlangganan Zoom berbayar ini bisa menjadi fasilitator kebaikan. Beberapa di antaranya yaitu kami persilakan kepada ustadz, teman, dan kerabat bila memerlukannya. Alhamdulillah tercatat beberapa pertemuan di luar pertemuan kami, berlangsung rutin selama beberapa bulan ini. Beberapa kerabat menggunakannya sebagai sarana menimba ilmu, ada yang menggunakannya untuk belajar bersama dengan teman-teman kuliahnya, mengaji, saling murajaah antar teman, dan sebagainya.

Oleh karena kebermanfaatan inilah yang menjadikan Zoom meeting online berbayar menjadi best buy saya selama pandemi ini. Semoga bisa menjadi jalan untuk sarana kebaikan. Amien…

Related Posts

No Comments

Leave a Reply