Mengenal Tsundoku, Penyuka Buku yang Bukan Penyuka Baca

Pernah dengan istilah ‘tsundoku’ ? Tsundoku adalah istilah dalam bahasa Jepang artinya orang yang suka membeli buku tapi tidak membacanya.

Sebenarnya awal mulanya kata tsundoku mengalami beberapa pengembangan, seperti yang dikutip dari brilio.net (17/03/2018) arti kata Tsundoku dalam bahasa Jepang diartikan secara harfiah sebagai tumpukan buku, ditulis dalam bahasa Jepang sementaraTsunde oku sendiri bermakna membiarkan sesuatu yang menumpuk dan ditulis.

Jadi sudah tergambarkan intinya ya. Kalau tsundoku itu orang yang doyan beli buku tapi ogah bacainnya. Gitu deh kira-kira.
Begitu dengar dengan kata itu sebenarnya saya tersindir. Soalnya tumpukan di rak buku saya masih banyak yang belum saya baca. Atau saya baca tapi banyak yang belum sempurna diselesaikan.
Jujurnya nih, memang ada kepuasan sih dalam membeli buku itu. Meskipun dibacanya itu suka lama banget. Alesannya kadang buat referensi. Hal lain yang mempengaruhi saya beli buku itu sepertinya ada dendam masa kecil yang belum terlampiaskan, hahaha. Niat hati sekarang mau direm dulu deh beli buku banyak-banyak.

Leave a Reply