Bagaimana Mencari Kursus Online yang Sesuai?

Akhir-akhir ini lagi senang banget sama kursus  online. Untuk mencari yang pas sebenarnya enggak sulit. Sumber informasi banyak sekali. Di mana-mana ada. Tapi juga jangan sembarangan karena banyak yang abal-abal. Kadang agak kecewa sih sama beberapa kursus online. Ada yang tipenya money oriented banget. Ada juga yang mencari kesempatan. Murid-muridnya dijadiin sales jualannya. Ada juga yang begitu ternyata. Males bener kan!

Makanya kalau mau cari kursus online meskipun banyak sebaiknya dipilah-pilih deh.  Mending pake lembaga kursus online yang sudah terjamin. Tapi meskipun sudah terjamin pengajarnya juga harus terjamin. Kalau mau milih kursus online, seperti udemy, dan lainnya itu pilih yang banyak orang review. Atau yang banyak muridnya. Bisa juga yang best seller-nyaDari situ akan ketahuan deh mana pengajar yang beneran mengajar dengan serius dan benar.

kid-1520705_1280

Untuk memulai kursus online sebaiknya dengan sesuatu yang disuka dahulu atau pilih yang dibutuhkan. Kalo sudah begitu, pelajari dan praktekin. Nah, kalo sudah demikian kursus online jadi tidak sia-sia.

Kursus online juga ada yang hanya skill saja ada juga loh yang  sampai kuliah. Tergantung  tempatnya di mana. Lembaga online yang lebih serius  biasanya ada kuliah hingga sampai s2. Ya tapi tentu tidak semudah kursus online. Ada berbagai prosedur yang harus dilakukan, seperti dites dulu misalnya.

Jangan bayangkan kalo kursus online selalu mahal yah. Ternyata banyak kok kursus online yang gratisan dan ilmunya banyak sekali. Tinggal pintar-pintar kita saja dalam memilih.

Lembaga pendidikan seperti universitas sering juga kok mengadakan kursus online atau seminar online bahkan kuliah online juga.  Itu juga menjadi hal yang bagus kalau mau diikuti. Tinggal kitanya cari informasi yang jelas tentang hal tersebut. Universitas nya bisa lokal maupun luar negri. Tandai saja universitas yang sering mengadakan kuliah/seminar online. Biasanya  akan berulang. Atau cari saja teman yang ada di universitas tersebut. Siapa tahu mereka tahu akan kuliah atau kursus online yang di berikan. Atau bisa juga coba ke lembaga kursus online dalam negeri bisa di kelaskita.com atau indonesiaX.com.

Oia berhubung banyak yang tanya cara belajar online di mana saja? Sekalian saja ya saya tulis.  Ini berdasarkan yang saya tahu saja ya, tidak semuanya saya ikuti juga.

Untuk yang ingin mempelajari agama (Islam) dan bahasa Arab lebih dalam, namun terbatas dengan waktu, bisa lihat Yayasan Bisa. Mereka punya banyak program baik offline maupun online. Bahkan ada kuliah yang non-formal sehingga belajarnya juga lebih terstruktur. Akan tetapi, karena sifatnya non-formal jadi jatuhnya seperti les saja, tidak ada gelar ketika lulus.

Untuk kursus yang online internasional, bisa lihat di udemy, skillshare, coursera, masterclass, shawacademy, Lynda, dan banyak lainnya.

Untuk kursus online lokal bisa lihat di kelaskita.com atau indonesiaX.com.

Belajarnya juga bisa banyak hal. Ada agama, parenting, writing, drawing, dan lainnya. Tinggal mengikuti saja passion atau apa yang ingin kita pelajari. Kursus online ini bisa juga untuk belajar hal baru atau mempertajam skill yang sudah ada.

Baca Juga : Learn New Things

Sepertinya itu saja sih. Semoga bermanfaat dan teman-teman bisa meng-upgrade pengetahuan yang ingin dipelajari. Belajar itu bisa dari mana saja, kapan saja, dan sama siapa saja kok. Tidak ada kata terlambat. Iya, kan?

 

2 comments

    • koivie3 says:

      Bisa jadi sih mas. Hanya saja kalau kursus online yang di lembaga kursus aslinya lebih terarah dan terukur.

Leave a Reply