Ketika Tiba-Tiba Terserang Bad Mood

Kalau bad mood menyerang biasanya apa yang teman lakukan? Kalau saya diam saja sambil manyun. Kemudian buka hape lalu stalking scrol medsos :D, atau sekedar window shopping olshop yang jualan pernak-pernik lucu-lucu. Tinggal klak klik pilih barang yang diinginkan setelah itu berakhir dengan klik “batalkan” :)). Soalnya biar bad mood otak tetep bisa ngitung keadaan saldo ;)).

Sementara kalau bad mood dengan pasangan manyunnya bisa lebih panjang lagi :v. Tapi biasanya selalu berakhir dengan cekakak cekikik lagi sih gak pake lama. Maksimal didiemin seharian. Maklum anaknya gak tahan kalau gak berkicau :)).
Kalau saya sedang bad mood, biasanya saya langsung ngomong dulu. “Aku sedang gak mau ditanya-tanya dan lagi males ngomong.” Semacam pengumuman jangan membangunkan macan yang lagi tidur :D. Biasanya suami langsung ngerti sih dan memilih untuk membiarkan saya dengan kemanyunan saya.

Bad mood sama pasangan kalo saya sebenarnya bukan perasaan marah. Tapi lebih ke arah kesal dan sebal. Pokoknya seperti ada tindakan yang kurang tepat yang dilakukan oleh pasangan tapi sebenarnya masalah sepele saja. Atau sebenarnya sama sekali gak berhubungan dengan pasangan hanya saja, pasangan kena imbas saja, seperti tatkala data bulan menyapa ;). Kalau sudah mereda perasaan badmoodnya ,baru deh bisa berkomunikasi lagi dengan pasangan. Kalau enggak bicara duluan, pasangan berinisiatif ngomong duluan.
Begini kira-kira ilustrasinya.
L : kamu kenapa yang?
Saya : au…auuu…brrr… uvuwewewe…(pokoknya ngedumel enggak jelas yang penting ngeluarin bunyi) :P
L: hah… maksudnya gimana gak jelas?
Saya : yah …pokoknya bla…bla…bla (menjelaskan dengan panjang kali lebar)
L: oh gitu bla…bla…bla (ngejelasin)
Saya dan L : saling berargumen
L dan saya : saling memaafkan meski bukan di waktu lebaran.

Jadi kira-kira seperti itu tuh bad mood yang kena imbas pasangan. Beragam cara bisa dilakukan hal untuk mengurangi bad mood. Masing-masing orang punya caranya sendiri. Kalau berdasarkan bincang-bincang ala keluarga saya sih seperti ini beberapa caranya.
– Ambil waktu untuk “sendiri” boleh me time atau apa pun. Asal jangan terlalu lama saja.
– Pilih kegiatan yang disukai. Bisa nonton, ngopi,baca buku atau baca qura’an.
– Bicarakan dengan pasangan apa yang membuat hati menjadi bad mood. Jangan lupa minta maaf barangkali sewaktu sedang bad mood ada tindakan yang malah menyakiti pasangan.
– Lawan dengan kegiatan yang berfaedah atau produktif. Bisa dengerin ceramah, ikut kajian, menghasilkan karya atau apa saja selama itu positif.

Ingat!Tidak baik berlama-lama dengan perasaan jelek. Bagi saya dan L bad mood tidak boleh dipelihara terus-terusan. Selain menjadi kontra produktif, kan kasihan bila imbasnya kena orang serumah.

Leave a Reply