Ayam Bumbu Jeruk dan Biji Wijen

Mau coba masak yang baru.  Dapetnya resep Ayam Bumbu Jeruk dan Wijen ini.  Bohong deh, sebenarnya milih resep ini karena resepnya simpel dan mudah banget.  Tidak perlu bahan yang aneh-aneh (Madam ogah repot :D ).  Kebetulan bumbu inti saya sudah habis.  Mau buat bumbu inti baru, perut sudah memanggil-manggil.  Alhasil dapetlah resep ini, sekalian mencoba menu baru.  Siapa tahu cocok di lidah.

Resep original dari Cook’s Kitchen Tasty Chicken terbitan igloobooks.  Beli bukunya bukan karena passionate tapi karena lagi ada bargain value, semacam diskonan gitu :D.  Kalau enggak ada diskonan mungkin gak dilirik itu buku hehehe…

Oke deh barangkali ada yang mau nyoba, langsung saja ya saya bagi resepnya.

Bahan :

2 sendok makan olive oil (kalo tidak ada pakai minyak biasa saja)

2 buah bawang merah, potong-potong

2 buah dada ayam tanpa kulit yang sudah di fillet.  Kemudian potong dadu.

2 buah jeruk, peras airnya (saya pakai jeruk Sunkist).  Kulit jeruknya di cuci lalu parut.  Kulit jeruk yang diparut permukaannya saja.

200 ml kaldu ayam

1 sendok makan kecap asin

2 sendok makan biji wijen

Garam dan lada secukupnya.

Cara masak :

Panaskan minyak dan goreng bawang merah yang sudah dipotong bersama ayam hingga keemasan.  Kemudian tambahkan air jeruk, kulit jeruk yang telah diparut, dan kaldu ayam.   Masak hingga air kuahnya berkurang.  Lalu tambahkan kecap asin, aduk.  Setelah itu, masukan biji wijen dan aduk kembali.   Tambahkan pula garam dan lada sebagai perasa.  Cicip dan koreksi rasa.

ayam bumbu jeruk dan biji wijen

Mudah sekali cara membuatnya bukan? Awalnya tak terpikir bagaimana rasanya masak dengan kulit jeruk.  Ternyata rasanya tak semengerikan yang saya bayangkan (tapi di lidah saya loh ya).  Bagi saya malah mirip opor ayam.  Hanya saja ada sensasi manis keasam-asaman dari buah jeruknya.  Saya tanya suami, pun jawabannya mirip opor kuning ayam.  Wah, jadi menu ini bisa sebagai alternatif pengganti opor ayam nih.  Sepertinya lebih sehat juga.  Besok-besok malah mau coba makan pakai lontong hahaha.

Ayam bumbu jeruk dan wijen ini masaknya mudah, tidak sampai lebih dari 15 menit.  Persiapannya juga simpel.   Namun untuk urusan selera ya pasti berbeda-beda.  Enak buat saya belum tentu enak buat orang lain.   Bagi teman yang ingin mencoba silakan.  Selamat mencoba ya!

This entry was posted in Kuliner.

Leave a Reply