Easy Healthy Banana Oat Muffin (Muffin Oat Pisang)

Masih tersisa 2 buah pisang di rumah, tapi sudah tidak ada yang mau makan lagi.  Ya sudah seadanya saja buat muffin.  Biar healthy sedikit muffinnya saya pakai bahan oat dan laban (yoghurt arab).   Sekaligus trik supaya oatnya bisa dimakan keluarga.  Soalnya kalau makan yang sehat-sehat suka pada malas deh.

Oke deh langsung saja ya dicoba Easy Healthy Banana Muffinnya.

muffin

Bahan :
2 buah pisang
1,5 cup quick oat

Fresh Laban kira-kira 120 ml (boleh ganti dengan greek yoghurt atau susu, lebih bagus pake susu almond)
Telur 1 buah yang cukup besar
Maple sirup sesukanya buat rasa manis (boleh ganti dengan gula atau madu).
Garam secukupnya

Baking powder ¼  sendok teh (boleh diskip)

Vanila ½ sendok teh

Kayu manis bubuk 1 sendok teh
Choco chip buat hias atas

Cara membuat:

Siapkan oven, panaskan di suhu 1800C.  Haluskan pisang terlebih dahulu sampai benar-benar lembut.  Bisa menggunakan garpu atau blender.  Tambahkan Maple sirup secukupnya.  Tambahkan telur dan kocok hingga merata.  Tambahkan fresh laban, kemudian aduk merata.   Tambahkan oat,  baking powder, garam, vanila dan kayu manis bubuk, aduk semua hingga tercampur merata.

Lapisi loyang muffin dengan mentega.  Bila punya kertas cup, pakai kertas cup yang dimasukkan ke dalam Loyang muffin. Masukan adonan ke dalam Loyang.  Jangan penuh-penuh karena muffin nanti akan mengembang.  Tabur dengan choco chip sebagai hiasan.

Panggang kira-kira selama 20-30 menit.   Bisa juga mengecek muffin dengan menggunakan tusuk gigi/garpu.  Jika sudah tidak ada adonan menempel, itu berarti  muffin sudah matang.

Nah mudah bukan cara membuatnya?  Kudapan ini bisa juga loh untuk menu berbuka puasa.  Silakan dicoba ya teman :).

 

This entry was posted in Kuliner.

Leave a Reply