Resep Pancake Oatmeal

Weekend ini waktunya coba-coba resep.  Dari kemarin kepikiran mau buat pancake, cuman mau buat pake oatmeal.  Biar terasa kelihatan lebih sehat :D.  Sekaligus trik buat orang rumah yang gak doyan oat :P .  Dicoba-coba ternyata resep pancake oatmel gak berbeda sama pancake biasanya.  Tetep enak dan fluffy.  Buatnya juga simpel dan gak pake lama.

Semua pasti udah tau yang namanya pancake.  Kue dadar ini udah populer seantero dunia *lebay*. Biasanya sebagai teman sarapan pagi. Pancake enak dihidangkan dengan sirup maple dan buah-buahan.  Bisa juga dengan cream atau ice cream.   Pancake sendiri udah ada dari sejak zaman Romawi kuno.

Nama pancake juga bervariasi di tiap negara.  Di Belanda pancake sering disebut dengan panekuk. Di Perancis, pancake yang tipis dikenal dengan nama crepes .  Namun crepes Perancis sedikit berbeda dengan crepes yang kita kenal di Indonesia.  Crepes prancis tidak garing dan renyah.    Kalo di Jerman pancake dibuat dengan bahan dasar kentang.  Jerman menyebutnya pfannkuchen (gak tau cara bacanya gimana).  Kalo di Indonesia, mungkin kue lumpur itu pancakenya orang Indonesia ya.

Balik lagi soal pancake, setelah googling saya lihat banyak resep bertebaran untuk membuat pancake.  Pancake yang identik sama tepung terigu, telur dan susu sudah mengalami berbagai variasi.  Ada pancake dari kentang, jagung, tepung custard, pandan, termasuk juga oat. Nah, perburuan saya akhirnya terjatuh di youtub channelnya hotchocolatehits.com. Di sana kebetulan ada resep fluffy oatmeal pancakes.  Saya pun akhirnya tergiur dan mencoba juga. Alhamdulillah berhasil, meski gak cakep-cakep amat bentuknya.  Hanya saja beberapa resepnya gak sama persis sama punya si mbak hotchocolatehits.com.  Tentunya karena saya sesuaikan sama selera lidah saya.  Nah, bagi yang mau resep saya silakan, yang mau mencoba resep dari mbaknya juga silakan.  Sama-sama enak kok! :D.

Bahan :

125 gram tepung terigu

75 gram white oats quick cooking

150 gram greek yoghurt (gak harus greek sih, yoghurt apa aja boleh).  Bisa juga pakai buttermilk.

¼ sendok teh vanili/vanilla essence

1 butir telur

1 sendok teh baking powder

2 sendok teh unsalted butter

200 ml susu cair

1 sendok makan gula (boleh ditambah, karena saya kepingin pancake yang tidak terlalu manis)

Garam secukupnya

Minyak / butter untuk menggoreng secukupnya

 Tambahan Toping (opsional) :

Sirup  Maple

Cara membuat :

  1. Saya lebih suka mencampur bahan yang kering terlebih dahulu, seperti tepung terigu, oat, baking powder, vanili,  gula dan garam.  Aduk rata.
  2. Masukan yoghurt, butter, susu cair, telur. Campurkan semua bahan, aduk rata.
  3. Panaskan minyak, goreng. Angkat ketika sudah matang atau agak kecoklatan.
  4. Tambahkan toping sesukanya.
pancakeoatmeal

Pancake oatmeal dengan penampakan serabi :D

Gampang bukan buatnya?  Resepnya juga gak harus sama persis.  Boleh ditambah atau dikurangi bahannya.  Kalau mau lebih sehat saran saya:

1.  Kurangi tepung terigunya dan banyakin white oatnya saja.

2.  Pakai susu yang non fat.

3.  Pakai gula stevia atau yang rendah kalori.

4.  Pakai greek yoghurt.

Berhubung saya mau ngabisin tepung jadinya saya banyakin tepungnya, hehe.  Meski  penampakan pancake oat saya lebih mirip serabi ketimbang pancake :D, tapi suami yang gak doyan oat sama sekali gak protes.  Soalnya katanya, dia gak ngerasa ada oat di pancakenya (hihi, kena deh!).

 Nah, teman selamat mencoba ya :).

15 comments

  1. Memez says:

    Wihhh… enak banget nih Mbak. Aku juga suka bikin, tapi karena aku diet gluten, bikin pancakenya pakai tepung gluten free…. Tapi, kalau dipikir-pikir, tetap enakans erabi sih hihihihihi

  2. fanny fristhika nila says:

    mba, kitaaaa samaaaa :D.. kalo masak pancake bentukny lebih mirip serabi daripada pancake ;p.. hahah ga prnh sukses ampe skr bikin yg cakep , yg kayak di resto2 pancake :D.. tp yg terpenting kan rasa yaa mbaaa :D

  3. Wadiyo says:

    wow dari fotonya sangat menggugah selera, apalagi aslinya ya,
    bagaimana dibandingkan dengan pancake durian ya?
    kira-kira enak mana ya
    thank

Leave a Reply to koivie3 Cancel reply