Resep Oat Berry Clafouti, Kudapannya Orang Prancis

Clafouti (baca: klafuti)  adalah salah satu dessert  tradisional asal prancis.  Clafouti seperti pie, namun tidak memiliki crust yang gembur dan renyah.  Rasanya cenderung manis dengan tekstur yang creamy dan lembut.

Sebenarnya tidak sulit untuk membuat Clafouti.   Dari yang saya praktikan, kudapan ini tidak hanya mudah tapi juga cukup cepat dan tanpa perlu ribet dengan berbagai macam teknik memasak.  Cocoklah buat pemula yang ingin coba-coba nge-bake seperti saya.

Clafouti  adalah kudapan rumahan yang populer.  Biasa disajikan saat akhir pekan, atau saat acara tertentu, seperti kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman.  Meskipun populer, clafouti tidak banyak dijual di toko-toko roti atau kue asal Prancis.  Mungkin karena kemudahannya, orang jadi berpikir ngapain beli kalo bisa buat sendiri di rumah.

Di negri asalnya, original clafouti disajikan dengan bahan tepung terigu dan susu  dengan tambahan buah ceri atau apel. Namun demikian, seiring banyaknya orang yang bikin clafouti, resep-resep dan inovasi baru pun bermunculan.  Ada yang menambahkan bahan clafouti dengan cream, keju, rum atau dengan minuman beralkohol, seperti brandy dan wine.  Buah yang ditambahkan juga tidak melulu ceri dan apel, bisa  diganti dengan buah lainnya, seperti peach, aneka berry (strawberry, blackberry, raspberry dan blueberry), mangga, kismis atau bahkan dengan pisang.

Clafouti bisa disajikan saat hangat ataupun dingin, tergantung kesukaan kita.  Di musim dingin, saya cenderung suka menyantap clafouti hangat saat sarapan atau sebagai camilan teman minum teh di sore hari.  Sementara saat musim panas, clafouti saya santap dalam keadangan  dingin atau temperatur suhu kamar.

Saya sudah beberapa kali membuat clafouti, mencoba variasi resep dari beberapa food blogger dan vlogger.  Akhirnya coba-coba buat variasi sendiri yang ternyata saya dan suami pun suka.  Berhubung saya lagi suka sama oat, jadilah tepung nya saya ganti dengan oat.  Supaya lebih sehat juga, saya pun mengganti susu full cream dengan susu almond.

Nah, teman mau tau resep saya? Berikut saya sertakan bahan dan cara membuatnya.

Bahan :

4 buah telur ayam besar

1 cup atau sekitar 240 ml susu almond

50 gram gula pasir atau secukupnya, boleh dikurangi atau ditambahkan sesuai selera.  (saya pakai stevia sebagai pengganti gula).

1 cup white oats quick cooking

½ sendok teh vanilla powder

¼ sendok teh garam atau secukupnya

2 cup buah berry atau secukupnya (saya pakai strawberry dan blueberry)

2 sendok teh mentega cair untuk olesan di pinggan (saya pakai butter cooking spray)

1 sendok makan gula kastor, atau kayu manis bubuk sebagai taburan (opsional) (saya pakai stevia).

Cara Membuat :

  1. Campur semua bahan (telur, oat, gula, vanilla powder, susu, dan garam)  kemudian kocok lepas.  Mencampur bahan bisa dengan manual atau bisa di blender semua.
  2. Olesi pinggan tahan panas kemudian tata buah di atasnya.
  3. Masukan adonan yang telah tercampur rata ke dalam pinggan yang sudah disiapkan.
  4. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut panggang clafouti di oven dengan suhu 175 derajat celcius dengan api bawah selama 35-40 menit. Jika ingin mendapatkan tekstur yang agak padat dengan pinggiran yang kenyal, panggang dengan api bawah dan atas dengan suhu dan waktu yang sama.
  5. Setelah clafouti selesai sampai terlihat kecoklatan, angkat dan boleh taburkan gula atau kayu manis bubuk diatasnya.
clafouti

clafouti di panggang dengan api bawah

 

clafouti (1)

Clafouti yang dipanggang dengan api atas bawah


clafouti (3)

Dengan demikian clafouti siap disajikan. Mudah bukan cara membuatnya?   Saya berikan dua opsi untuk memanggang. Soalnya ternyata suami saya lebih suka yang teksturnya kenyal dan padat, dibanding resep aslinya yang lembut.  Kata dia lebih enak karena lebih kenyal dan ada sensasi garing di pinggiran, seperti crust pie namun tidak renyah.    Teman koi juga bisa  mencoba mengkreasikan clafouti sendiri.  Selamat mencoba ya! :)

This entry was posted in Kuliner.

4 comments

    • koivie3 says:

      Iya yang enak emang karena ada sensasi buahnya. Coba2 aja dikukus mbak trus di goreng tanpa minyak pake teflon, tapi blom tau berhasil apa enggak hihiii…:D

Leave a Reply