Kari Jepang Di Curry House CoCo Ichibanya

Pernah membaca komik manga dengan judul born to cook? Di era 90-an komik ini diangkat menjadi anime dan diputar di salah satu layar kaca Indonesia.  Komik dan anime ini bercerita tentang kuliner dengan tokoh utama bernama Youji, seorang anak belasan tahun yang punya bakat memasak.  Salah satu andalan masakannya adalah kari.

Dikisahkan kari buatan Youji ini enaaak sekali.  Saking enaknya, membuat para juri dalam kontes kuliner yang mencicip karinya seperti terbang ke angkasa, berenang-renang di lautan, kemudian tenggelam dalam lautan kari, hehe.  Meskipun penggambarannya sering berlebihan.  Sejujurnya sejak saat itu, saya terhipnotis dan jadi penasaran sama makanan kari.  Apalagi dengan kari Jepang. Benar-benar ingin merasakan seperti apakah kari Jepang seperti yang dibuat Youji.

Nah, bicara tentang kari Jepang yang dulu sangat ingin saya rasakan.  Ada kabar gembira sampai ke telinga saya, Curry House CoCo Ichibanya, sebuah bisnis kari Jepang terbesar di dunia membuka cabang kembali di Indonesia.  Kali ini hadir di Summarecon Mall Bekasi.  Curry House CoCo Ichibanya didirikan pada tahun 1978 dan telah memiliki lebih dari 1400 cabang di dunia antara lain seperti di California, Hawai, Cina, Hongkong, Thailand, Singapore, Korea, dan Indonesia.  CoCo Ichibanya yang artinya adalah toko nomor satu, di negeri sakura memang telah menjadi restoran kari yang terkenal.

wpid-20150411_145634.jpg

Menu yang ditawarkan Curry House CoCo Ichibanya adalah kari Jepang dengan rasa yang otentik.  Mengapa otentik? Karena semua produk bahan mentah langsung di import dari negri asalnya, Jepang. Selain itu, Curry House CoCo Ichibanya juga menggunakan produk-produk dengan kualitas terbaik.  Beras haruslah beras Jepang karena akan ada perbedaan rasa kari, apabila dikonsumsi dengan beras jenis lain.  Saus karinya khusus, sehingga tidak sama dengan restoran lain.  Kari di Curry House CoCo Ichibanya lebih kental dan tidak memakai santan, namun memakai skim milk powder, peanut, dan cheese.

Meskipun ini adalah restoran yang otentik asli Jepang, namun di Indonesia sama sekali tidak memakai bahan yang non halal.  Semua bahan tidak mengandung unsur pork di dalamnya.

wpid-20150411_145933.jpg

Tidak sabar mencicip, saya dan beberapa teman yang memang khusus ingin merasakan otentiknya kari Jepang, langsung memesan beberapa menu di sana.  Uniknya, menu yang ditawarkan juga berdasarkan pilihan variasi topping. Artinya kita bisa memilih atau mencampurkan toping. Pilihan topingnya, seperti udang, ayam, sosis, salad dan lainnya.  Khusus menu Omelett tidak bisa dicustomize ya.

wpid-20150411_155018.jpg

Kita juga bisa memilih banyaknya nasi. Pilihan nasi antara lain, dari mulai 150 gram, 250 gram, 350 gram, 450 gram dan 550 gram.  Untuk tingkat kepedasan juga bisa dipilih.  Ada yang standar dan juga bertingkat.  Level yang disajikan dari mulai level 1 hingga level 5.  Ada juga yang mild yang artinya tidak pedas sama sekali. Dalam kari mild juga terdapat potongan wortel.  Mild sangat cocok buat anak-anak.

Dengan demikian, kita jadi bisa memilih sendiri kombinasi terbaik memakan kari.  Untuk minuman ada beberapa jenis seperti teh, lemon, orange juice, dan lainnya.  Untuk menu disajikan fresh dan selalu ready.  Penyajian cukup cepat, yaitu selalu di bawah 15 menit.

wpid-20150411_143713.jpg

wpid-20150411_143411.jpg

Di CoCo Ichibanya, pedas yang digunakan tidak menggunakan cabai.  Akan tetapi menggunakan tobikara yang bertekstur seperti lada bubuk.   Di atas meja makan, disediakan tobikara dan pickles.  Pickles adalah acar jamur.  Jamur yang digunakan antara lain, shitake, champignon dan king oyster.

wpid-20150411_160357.jpg

Pickles

 

Menu best seller di sini untuk basic curry adalah chicken cutlet dan vegetables curry dan minced beef cutlet & cheese curry.  Untuk omelette curry yang paling dinikmati adalah omelette cream chicken curry dan omelet beef curry.  Khusus di cabang Summarecon Mall Bekasi, ada menu ulimited, yaitu Salmon Katsu dan Hamburger Cheese.

Untuk harga kari yang ditawarkan berkisar antara Rp 60.000- Rp 78.000.   Akan tetapi, jika kita sudah pesan satu jenis makanan apa saja, kita bisa membeli set menu yang terdiri dengan mini salad dan satu minuman dengan harga Rp 25.000 saja.

Tidak seperti Kari India yang aroma rempahnya begitu tajam, aroma kari Jepang di kari Curry House CoCo Ichibanya tidak menusuk.  Rasa karinya lebih light.  Saya sendiri mencicip toping ayam dan udang, dengan salad yang ditambahkan sosis.  Meskipun pedas, tetapi tidak membuat lidah saya terbakar loh ya, hehe.   Rasa ayam dan udangnya juga fresh enak banget.  Saya juga mencicip hamburger cheese, rasanya juicy banget dengan potongan daging yang lembut. Chicken dan beef katsunya tidak keras, porsinya pas.

image

 

wpid-20150411_155444.jpg

 

image

image

image

 

image

 

image

wpid-20150411_155424.jpg

wpid-20150411_153945.jpg

wpid-20150411_154307.jpg

wpid-20150411_154453.jpg

Bukan hanya menu atau produk pilihan yang diberikan kualitas terbaik.  Bahkan peralatan makan yang digunakan seperti sendok dan garpunya pun di desain khusus untuk memakan kari.  Agar kualitasnya tetap terjaga peralatan makanpun juga langsung didatangkan dari Jepang.  Tuhkan serius, teliti, dan detil banget kan!

wpid-20150411_150018.jpg

sendok garpu khusus makan kari

 

Ambience di Curry House CoCo Ichibanya Summarecon Mall Bekasi lebih santai, karena mengusung tema restoran fast food.  Lagipula posisinya ada di down town Summarecon Mall Bekasi, sehingga sambil makan kita juga bisa sambil mendengarkan iringan lagi yang dihadirkan dari band-band pengisi.   Ketika masuk, pengunjung juga di sapa khas ala Jepang “Irashimase”, sehingga membuat pengunjung seperti berada di Jepang.  Resto ini cocok untuk  dinikmati sendiri, membawa pasangan, teman, keluarga maupun partner kerja.

wpid-20150411_145610.jpg

wpid-20150411_163219.jpg

Oia ketika makan, ada Ibu Riani, manager dari Curry House CoCo Ichibanya Summarecon Mall Bekasi yang baik hati juga loh yang melayani kami.  Bahkan Ibu manager tidak sungkan untuk mengangkat-angkat piring, menyapa pengunjung dan juga memberikan penjelasan kepada saya yang awam dengan kari Jepang. Sungguh kehangatan yang luar biasa.

wpid-20150411_152312.jpg

Manajernya langsun turun tangan melayani pengunjung

Curry House CoCo Ichibanya membawa saya pada pengalaman kuliner kari yang berbeda.  Membawa saya seperti makan di rumah sendiri. Bagi saya yang memiliki memori masa kanak-kanak yang penasaran tentang kari Jepang seolah Curry House CoCo Ichibanya menjawab rasa penasaran tersebut.  Akhirnya saya bisa memakan kari otentik Jepang…yang rasanya seperti berenang-renang…dan ah…sudahlah! Puas dan nagih.

wpid-20150411_154709.jpg

Marih makan!

 

 

Curry House CoCo Ichibanya

Jl.Bulevar ahmad yani,

Sumarecon Mall Bekasi

Downtown walk, unit DW 109,   Bekasi

Buka Pukul 10.00-21.00 kecuali Weekend

 

NB :

Bagi saya tingkat kepedasan di level 3 lebih pas, karena tidak terlalu kepedasan apabila dikonsumsi banyak.  Untuk pilihan nasi, saya lebih memilih yang 150 gram dengan dikombinasikan berbagai macam toping, sehingga tidak membuat kekenyangan.

#cocoichibanyaindonesia #cocoichibanyabsmb #summareconmallbekasi #cococurryhouse #cocoichibanya.

 

2 comments

Leave a Reply