Museum-Museum di Jakarta

Mengisi liburan dan waktu luang di Jakarta tidak melulu harus ke pusat-pusat perbelanjaan.  Ada satu wisata yang menarik, terjangkau dan memiliki nilai edukasi yang tinggi, ke museum misalnya.  Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan di dalam museum.  Jadi, tidak perlu gengsi ataupun rendah diri.  Padahal banyak tuh turis-turis asing yang semangat untuk datang ke museum, masa kita enggak sih?

Apalagi saat ini banyak sekali kegiatan yang dilakukan di museum, mulai dari pengenalan museum secara fun ataupun acara-acara lain.  Sehingga beberapa wajah museum di Jakarta kini tampil lebih muda dan segar.

Nah, berikut adalah beberapa museum yang ada di Jakarta, jika luang tidak ada ruginya kita mendatangi tempat-tempat ini.  Sukur-sukur bisa melepaskan dahaga kita akan potongan-potongan sejarah bangsa.

Museum Nasional (Museum Gajah)

Museum Nasional Republik Indonesia adalah museum yang sudah lama dan bersejarah.  Bahkan, museum ini menjadi museum pertama di Asia Tenggara.  Museum yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta ini identik dengan patung gajah didepannya, sehingga sering disebut museum gajah. Patung gajah yang dilapisi perak itu sendiri adalah hadiah dari raja Thailand, Sri Baginda Chulalong Kom pada tahun 1871.

museum nasional

 

Alamat Museum Nasional

Jl. Medan Merdeka Barata 12, Jakarta Barat 10110

Telp / Fax :  (021) 3447778

Email : museumnasional_ina@yahoo.co.id

 

Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta atau disebut juga museum Fatahillah, adalah sebuah bangunan kuno yang penting dan bersejarah di Jakarta.  Gedung paling tua ini, sekarang merupakan museum terbesar di Jakarta yang menempati area seluas 13.388 m².  Museum ini mendokumentasikan sejarah Jakarta.

 

Sumber : di sini

Sumber : di sini

Alamat Museum Sejarah Jakarta

Jl. Taman Fatahillah Jakarta No. 1, Jakarta Barat.

Tel : 021 6929101

Fax : 021 6902387

 

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia, adalah sebuah bangunan, yang memuat dokumentasi serta menceritakan sejarah perkembangan perbankan di Indonesia.  Bangunan Museum Bank Indonesia bergaya khas klasik simetris dengan muka utama dan dua sayap yang mengapit. Arsitektur bangunan mendekati prinsip-prinsip klasik modern. Elemen yang didominasi oleh model vertikal dengan warna dominan putih, membuat semua bangunan-bangunan lama di kawasan Jakarta terjalin dalam satu kesatuan.

museum BI

Alamat Museum Bank Indonesia

Jl. Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Barat.

Tel : (021) 2600158 ext 8111, 8102,8100

Fax :  (021) 2601730

 

Museum  Bank Mandiri

Gedung museum bank mandiri merupakan cagar budaya yang yang menempati area seluas 1.039 m².  Gedung ini berarsitektur Niew Zakelijk atau Art Deco Klasik yang dirancang oleh tiga orang arsitek belanda yaitu J.J.J de Bruyn, A.P. Smits dan C. van de Linde.  Ornamen bangunan, seperti interior dan furniture museum ini pun masih asli seperti ketika didirikan.  Museum Bank Mandiri menceritakan gambaran aktivitas perbankan pada masa itu.

mandiri

Alamat Museum Bank Mandiri

Jl. Lapangan Stasiun No. 1,

Tel :  (021) 6902000

Fax :  (021) 6900993

Email : museum.bankmandiri@bankmandiri.co.id

 

Museum Bahari

Museum Bahari adalah bangunan bekas gudang zaman penjajahan Belanda.  Pada masa itu, Belanda sangat memiliki kepentingan di Jakarta, sehingga membuat bangunan tersebut.  Kini, bangunan bangunan berlantai tiga tersebut masih berdiri tegak hingga saat ini dan berganti menjadi Museum Bahari.  Museum Bahari adalah museum yang menyajikan berbagai koleksi benda-benda yang berhubungan dengan kebaharian atau kelautan dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Saat ini, Museum Bahari merupakan satu-satunya museum di Indonesia yang menyajikan tema yang khusus kebaharian atau kelautan.  Museum ini terletak di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa, menghadap ke Teluk Jakarta.

Sumber : di sini

Sumber : di sini

Alamat Museum Bahari

Jl. Pasar Ikan No. 1 Penjaringan, Jakarta Utara.

Tel :  (021) 6994306, 6992476
Fax :  (021) 6990618

 

Museum Wayang

Museum wayang adalah bekas bangunan gereja.  Bangunan ini kental dengan nuansa arsitektur Eropa dengan langit-langit yang tinggi, dinding tembok yang tebal, daun pintu dan daun jendela yang besar serta pintu yang terbuat dari kayu jati.  Di bagian dalamnya ada sebuah taman yang dahulu kala katanya adalah sebagai makam beberapa pembesar Belanda.

museum wayang

Alamat Museum Wayang

Jl. Pintu Besar Utara No. 27 Jakarta Barat

Tel :   (021) 6929560, 6927289

 

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik adalah tempat pelestarian seni rupa bertaraf internasional dari berbagai masa.  Museum ini juga memamerkan benda-benda seni tidak hanya berasal dari Indonesia saja, melainkan juga dari mancanegara

Bangunan Museum Seni Rupa dan Keramik bergaya Eropa klasik yang memiliki dua bangunan sayap yang berlantai dua.  Masing-masing bangunan dipisahkan oleh taman yang luas, namun ada koridor di bagian belakang untuk menghubungkannya. Paling khas dari bangunan ini adalah delapan pilar besar di bagian depan yang kokoh dengan bangunan utama di cat warna putih sehingga menimbulkan kesan mewah.

museum seni rupa dan keramik

Alamat Museum Seni Rupa dan Keramik

Jl. Pos Kota No. 2 Jakarta Barat

Tel  :  (021) 6907062
Fax :  (021) 6926091

 

Itu adalah beberapa museum di Jakarta. Masih ada beberapa lagi lainnya.  Berhubung ada yang belom pernah saya datangi, maka belum bisa saya update.  InsyaAllah kalau sudah ke sana langsung diupdate lagi biar lebih maknyuss gitu.  Diantara semua museum saya paling suka dengan museum nasional karena sarana dan prasarananya yangcukup baik. Kalo teman sendiri museum mana yang belum pernah dikunjungi?

 

Sumber:

– Wikipedia

– Jakarta.go.id

19 comments

  1. PutriKPM says:

    Aku sudah masuk ke semua museum di atas dari kecil karena pas SD ada karyawisata ke museum2 itu. Sebenernya jakarta banyak tempat wisata oke cuma orang ngertinya ke mall sama bioskop aja :P

  2. Choirul Huda says:

    Di antara beberapa museum itu, dua di antaranya belom pernah saya sambangi (BI & Mandiri)

    Dulu sih pernah mau ke sana, tapi tergiur keramean di kota tua jadi batal deh :)

    *bookmark ah buat jalan2

  3. Ihwan Keluarga Biru says:

    Saat ikut diklat di Jakarta bulan Januari yang lalu, saya sempat ke Kota Tua dan masuk ke Museum BI dan Mandiri dengan teman saya yg asli Jakarta.
    Paling suka di Museum BI karena lengkap sekali objek-objek yang dipajang dan terlihat bahwa BI sangat serius menggarapnya. Waktu sehari rasanya nggak cukup untuk mengeksplore Kota Tua, butuh stamina yang fit juga pas keluar dari museum udah panas bingiiit.
    Next time saya akan tulis pengalaman saya mbolang di Jakarta :D

Leave a Reply